Yogyakarta, 27 Agustus 2024 – Conference on Communication Culture and Media Studies (CCCMS) ke-7 kembali menghadirkan rangkaian acara yang menarik. Salah satunya adalah Writing Class for International Journal yang diselenggarakan di Auditorium Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. Acara yang difasilitasi oleh Masduki, Guru Besar Prodi Ilmu Komunikasi UII ini berhasil membangkitkan semangat baru bagi para dosen dan akademisi di bidang Media dan Ilmu Komunikasi.

Dalam kelas menulis ini, para peserta diajak untuk lebih mengenal area riset yang diminati dan mendapatkan tips-tips berharga mengenai pemilihan jurnal yang tepat serta teknik penulisan yang efektif. Para peserta antusias mengikuti sesi tanya jawab dengan pembicara, salah satunya adalah Nico Carpentier dari Charles University yang juga menjadi Keynote Speaker dalam konferensi ini.

Carpentier menekankan pentingnya memulai menulis secara konsisten untuk mengembangkan riset. “You have to start writing, create narrative about your publication and connect your journals to one line expertise.” ujarnya. Pesan ini menginspirasi para peserta untuk lebih proaktif dalam mempublikasikan hasil risetnya.

Melalui Writing Class ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan kualitas penulisan ilmiah dan memperluas jaringan kerjasama di bidang penelitian. Acara ini juga menjadi bukti bahwa CCCMS terus berkomitmen untuk mendorong pengembangan ilmu pengetahuan di bidang komunikasi.

Di akhir acara, Prof. Masduki menutup sesinya dengan kalimat yang pamungkas “Consistency! It is to make advance move for your academic journey!”